Menunggangi Ombak Lewat Festival Bekudo Bono

Written By : Amel Marzain | 20 November 2013 | 15:04
 

KBR68H, Pelalawan – Tradisi masyarakat Kelurahan Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau dalam mengarungi ombak Bono diangkat melalui Festival Bekudo Bono. Nama festifal memiliki arti berkuda diatas gelombang Bono. Bono sendiri adalah ombak yang terbentuk akibat pertemuan arus dari sungai dan laut di muara Sungai Kampar. Festival ini sudah dimulai sejak tanggal 16 hingga 22 November mendatang.

Ada tiga kompetisi utama dalam  Festival Bekodo Bono kali ini, yaitu Selancar Bono Kategori Profesional yang diikuti 5 peselancar profesional Indonesia, kategori Selancar Amatir yang diikuti 20 peselancar amatir lokal, dan kategori Bekudo Bono yang diikuti 30 peserta lokal.

Koordinator lapangan Festival Bekudo Bono Hisam Setiawan menjelaskan, kategori Bekudo Bono sengaja diadakan untuk mengangkat tradisi masyarakat dalam melawan ombak dengan menggunakan perahu tanpa mesin. Perahu dayung tersebut berpacu di atas gelombang langka yang terjadi di Sungai Kampar tersebut.

“Dalam tradisi Bekudo Bono ini, mereka menggunakan perahu tanpa mesin yang ditunggangi oleh dua orang dan berpacu di atas gelombang Bono,” jelas Hisam.

Menurut Hisam, festival ini mampu menggairahkan perekonomian masyarakat setempat. Jumlah wisatawan yang tercatat kini sudah mencapai 5000 orang. Selama ajang ini, banyak rumah warga yang dijadikan homestay. Di sepanjang jalan juga terlihat masyarakat yang menjual berbagai makanan, minuman dan souvenir di depan rumah mereka.

Ombak Bono yang bisa mencapai ketinggian hingga 6 meter telah mampu menjadi sumber penghasilan warga. Ombak ini terjadi karena adanya pertemuan arus dari sungai dan laut di muara Sungai Kampar. Yang menjadi penarik bagi peselancar profesional adalah ombak yang terbentuk bisa mencapai  60 kilometer sehingga mereka bisa berselancar berjam-jam tanpa henti di atas ombak.

http://www.portalkbr.com/nusantara/acehdansumatera/3028623_5514.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: