IMBOOOOO

Bulan Mei lalu aku ke Taman Nasional Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan. Tepatnya di area Flying Squad, WWF Indonesia – Riau. Kebetulan aku turut dalam kegiatan ekowisata bersama Kanvasindo (pegiat ekonomi, seni dan lingkungan). Kali ini kami membawa rombongan 40 orang karyawan Bank Indonesia – Riau.

Ada banyak kegiatan yang bisa diikuti di kawasan TNTN ini, namun salah satu kegiatan yang paling menarik menurutku adalah safari gajah. Yaitu duduk di punggung gajah berpatroli menyusuri hutan dengan trek yang telah ditentukan.

Sebagai gambaran, Flying Squad adalah sebuah tim yang beranggotakan gajah-gajah terlatih serta perawatnya atau disebut Mahout. Tim ini dilatih untuk berpatroli disekitar TNTN untuk memastikan tidak ada gajah liar yang keluar dari hutan dan berpotensi merusak pemukiman atau perkebunan penduduk. Tim Flying Squad terdiri dari empat ekor gajah dewasa, dua jantan bernama Rahman dan Indro, serta dua ekor betina bernama Ria dan Lisa. Selain itu juga terdapat tiga ekor gajah muda bernama Teso, Nela dan Imbo (adik Nela) yang kelak juga akan menjadi tim Flying Squad. Setiap gajah memiliki Mahoutnya masing-masing. Hanya Imbo yang belum memiliki Mahout karena Imbo merupakan gajah termuda dan belum bisa ditunggangi. Namun Imbo akan selalu ikut dalam kegiatan tim Flying Squad bersama ibunya Lisa.

Dalam kegiatan kali ini, rombongan dibagi menjadi empat tim. Aku kebagian mendampingi tim empat. Tiba giliran tim empat untuk mengikuti kegiatan safari gajah. Seluruh anggota tim telah naik di punggung gajah dewasa, sementara aku naik ke punggung Nela. Indro dan Ria jalan duluan, kemudian diikuti Rahman, Teso, Lisa, Nela dan Imbo dibelakang. Lisa dan Imbo memang biasanya akan selalu berdekatan. Lisa bisa mengamuk jika tidak melihat anaknya.

Bagiku sangat menyenangkan ketika berada di punggung gajah saat di dalam hutan, terlebih jika melewati penurunan atau pandakian tajam. Terasa gamang, khawatir gajah Sumatera yang beratnya bisa mencapai 6 ton itu tergelincir. Tak terbayangkan kalau kita sampai tertimpa badannya. Namun ternyata gajah-gajah tersebut bisa melewatinya, hebat.

Sambil berjalan, gajah-gajah itu akan selalu menyempatkan untuk menyambar rumput-rumput atau dedaunan yang dilewatinya. Kemudian mengunyahnya sambil jalan, lucu sekali. Gajah memerlukan makan sebanyak 10% dari berat badannya, ckckck.

Nela turut menyambar dedauan dengan belalainya. Tiba-tiba Imbo menerobos dari belakang, dan segera merebut makanan dari belalai Nela. Tentu saja aku sangat terkejut, karena badan Imbo hampir saja menjepit kakiku yang menggantung di badan Nela, aahhh Imbooooo. Mahout Nela berteriak-teriak menegur Imbo. Kejadian Imbo merebut makanan dari Nela ini terjadi berkali-kali. Aku kembali kaget, dan Mahout Nela kembali berteriak-teriak.

Selain kaget, sebenarnya aku sangat menikmati kejadian ini. Lucu melihat dua ekor anak gajah berebut makanan, terlebih melihat wajah lugu Imbo yang asik mengunyah makanan yang berhasil direbut dari kakaknya Nela. Yaa namanya juga anak-anak, sama halnya dengan anak manusia, hehehe.

Untuk terus bertahan hidup, pasti gajah memerlukan makan dan rumah yaitu hutan. Sementara keberadaan hutan semakin hari semakin menyempit. Bahkan di hutan Tesso Nilo yang telah ditetapkan sebagai Taman Nasional melalui Keputusan Menteri Kehutanan, pun banyak pemukiman manusia. Belum lagi hutan yang telah berubah menjadi kebun sawit yang semakin mempersempit ruang gerak gajah.

Melihat Imbo, aku jadi teringat dengan anak-anak manusia. Aku termenung. Mungkinkah anak-anak manusia berikutnya bisa menyaksikan kelucuan anak-anak gajah ini? Akankah mereka nanti bisa melihat langsung gajah sebagai hewan darat terbesar yang tersisa di dunia ini? Atau hanya bisa melihat melalui foto atau fosil, karena gajah telah punah….hhhh..

Image

* Tuh si Imbo lagi ngunyah di samping ibunya. Nela di belakang dekat semak – semak. ( Foto diambil pada kesempatan lain, saat itu aku berada di depan di punggung Indro, jadi agak miring fotonya ^_^)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: